Ketua KPU Halmahera Barat Monitoring Pelaksanaan Bimtek Coklit di Kecamatan Ibu Utara

Legislatif61 Dilihat

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Halmahera Barat (Halbar), M Babul Syaifuddin, beserta Staf Sekretariat KPU melakukan kunjungan ke Desa Pasalulu, Kecamatan Ibu Utara, Kabupaten Halbar, pada Sabtu (22/6) Sore tadi.

Kunjungan tersebut dalam rangka pemantauan kegiatan Bimbingan Teknis tentang pencocokan dan penelitian (Coklit) data pemilih, serta penggunaan aplikasi E-Coklit yang dilaksanakan oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Kantor Desa Pasalulu, Kecamatan Ibu Utara, Kabupaten Halbar.

Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh anggota Panitia Pemungutan Suara (PPS) di 16 Desa Se-Kecamatan Ibu Utara.

Kehadiran Babul, Ketua KPU Halbar ini dalam rangka memantau sekaligus membuka jalannya acara Bimtek yang diselenggarakan oleh PPK Kecamatan Ibu Utara. Dalam sambutanya, Babul menjelaskan akan pentingnya pemahaman tentang tata cara Coklit serta penggunaan aplikasi E-Coklit di Pilkada 2024 mendatang.

“Saya berharap agar seluruh anggota PPS Se-Kecamatan Ibu Utara yang hadir pada hari ini dapat menyimak secara cermat proses penyampaian materi yang diberikan oleh PPK Kecamatan Ibu Utara,” Ujar Babul.

Babul menjelaskan bahwa maksimalnya kinerja petugas Pantarlih di lapangan bergantung pada kerja serta pemahaman anggota PPS pada hari ini.

“Maksimalnya kerja Petugas Pantarlih dalam mencocokan maupun meneliti data pemilih sangat bergantung pada pemahaman dan kerja anggota PPS yang hadir pada Bimtek sore ini. Sebab, anggota PPS yang hadir pada hari ini bertanggung jawab untuk memberikan penjelasan serta bimbingan yang utuh kepada petugas Pantarlih di Desa maupun TPS masing-masing.”

Babul juga mengingatkan kepada peserta Bimtek, bahwa pentingnya kevalidan data pemilih dalam Pilkada 2024 ini dikarenakan Pilkada harus menjadi momen untuk mewakili seluruh suara masyarakat yang telah mempunyai hak memilih.

“Salah satu alasan pentingnya data yang valid dalam pilkada ini adalah karena pilkada harus menginterpretasikan seluruh suara masyarakat yang telah memiliki hak memilih.”

Selain Ketua KPU, Ketua PPK Kecamatan Ibu Utara, Risna Bega, juga memberikan sambutan pada acara bimtek tersebut. Risna mengaku bahwa agenda yang dilaksanakan pada sore ini tergolong sangat penting.

“Kenapa saya bilang penting? Karena Kebanyakan dari anggota PPS pada pilkada 2024 ini banyak yang tergolong baru, sehingga perlu untuk diberikan pemahaman tentang metode coklit serta penggunaan aplikasi e-coklit ini.”

Risna juga berharap, dengan adanya bimtek yang menghadirkan anggota PPS dari 16 Desa Se-Kecamatan Ibu Utara ini dapat memperkuat kekompakan dan kerja sama antara PPK dan PPS di Kecamatan Ibu Utara.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini semoga terbangun kekompakan dan kerja sama antara PPK dan PPS dalam menyukseskan Pilkada 2024 mendatang,” Pungkasnya.

Sekedar informasi, kunjungan pelaksanaan bimtek oleh Komisioner KPU Halbar dilakukan secara serentak. Hari ini KPU Halbar telah mengunjungi pelaksanaan bimtek di Kecamatan Jailolo Selatan, Sahu, Sahu Timur, Ibu Utara dan Loloda. Kegiatan monitoring ini akan berlanjut besok di Kecamatan-kecamatan yang belum melaksanakan Bimtek

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *